3 Golongan Sahabat Yang Akan Membawamu Menuju Surganya Allah, Temukan Sebelum Terlambat!

“Rasulullah pernah ditanya, ‘Seperti apakah orang yang bisa dijadikan teman baik?’ Teman yang baik adalah dia yang membantumu untuk selalu mengingat Allah dan mengingatkanmu ketika kamu melupakan Allah, jawab Rasulullah”.

Manusia adalah makhluk yang paling sering kita dengar dengan sebutan makhluk spesial, mengapa? Jawabannya adalah, karena malaikat diciptakan oleh Allah tanpa adanya nafsu, dan binatang diciptakan oleh Allah tanpa memiliki akal.

Sedangkan manusia, Allah ciptakan lengkap dengan ada keduannya, akal dan hawa nafsu. Itulah mengapa, jika manusia bisa mengalahkan hawa nafsunya, maka derajatnya lebih mulia dari malaikat yang tidak memiliki nafsu.

Namun, jika manusia hanya memperturutkan hawa nafsunya saja, maka derajatnya lebih rendah dari binatang yang tidak dianugerahi akal oleh Allah. Swt. Karenanya, kita butuh teman yang bisa membawa kita pada jalan yang telah Allah tetapkan.

Al-Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA. Menuturkan tentang ciri-ciri seseorang yang bisa kita jadikan sebagai sahabat sehidup sesurga. Ciri yang beliau maksud terdiri dari 3 golongan, sebagai berikut:

  1. Dua orang yang saling mencintai karena Allah

Seperti yang telah disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadist, yang artinya: Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.’ Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.

Carilah sahabat yang mengingatkan kita pada apa-apa yang Allah perintahkan, mengajak kita pada segala sesuatu yang Allah suka, juga mengingatkan kita pada apa-apa saja yang Allah larang.

Jika kita menemukannya, maka kita adalah orang yang beruntung karena termasuk bagian dari 7 golongan tersebut.

  1. Ahli Al-Qur’an

Carilah teman hidup yang dekat dengan Al-Qur’an, yang menghidupkan siang dan malamnya dengan Al-Qur’an, yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam hidupnya.

Dengan begitu, hati kita semakin dekat dengan Allah. Jika hati sudah dekat dengan Allah, maka mudah bagi kita untuk meninggalkan hal-hal yang tidak Allah sukai. Seperti yang diterangkan dalam sebuah hadist:

“Seseorang tergantung agama teman dekatnya, maka hendaknya kalian memerhatikan siapakah teman dekatnya.” (HR. Ahmad).

 

  1. Orang yang hidupnya tertata

Maksud tertata di sini ialah, carilah teman yang jalan hidupnya sengaja ia tata untuk mendapatkan ridho Allah semata. Mulai dari tutur katanya yang baik, cara berpakaiannya yang sopan, dan adabnya yang baik dalam keseharian.

Teman yang seperti inilah yang akan membawa pengaruh besar bagi kehidupan spiritual kita. Teman yang seperti ini jugalah yang nantinya akan mendorong semangat kita untuk terus memperbaiki diri setiap hari.

.

“Teman sejatimu adalah orang yang selalu mengingatkanmu untuk peduli terhadap urusan akhiratmu”. –Abdul Qadir Jaillani

Kematian adalah hal yang masih menjadi misteri bagi kita sampai saat ini. Tidak ada yang tau tentang kapan waktu pasti kita akan mati. Jadi, mulailah mencari sahabat yang akan menjadi partnermu mengejar cintanya Allah. Temukan sebelum terlambat.

Semoga bermanfaat 🙂

Posted in Artikel and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.