6 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Kantuk Sesuai Dengan Anjuran Rasulullah Dan Juga Ilmu Kesehatan

Rasa kantuk yang menghampiri, sangat menyita waktu tanpa tidak sadari. Sehingga tugas dan kegiatan yang sedang kita kerjakan, menjadi terhambat karena rasa kantuk yang tidak bisa cegah.

Untuk itu, berikut adalah cara mudah menghilangkan rasa kantuk tanpa harus bersusah payah. Dengan harapan, semoga tips ini membantu kita untuk menyelesaikan segala tugas tepat pada waktunya.

  1. Kualitas Tidur Yang Baik

Salah satu penyebab kita sering ngantuk adalah kualitas tidur yang tidak baik. Mungkin mengulang hafalan menjadi alasan untuk kita begadang. Tapi, ada baiknya jika kita tidur lebih cepat dan bangun lebih cepat sehingga tubuh masih tetap fit tanpa diserang rasa kantuk yang berlebihan.

Rasulullah. Saw juga menganjurkan kepada kita untuk tidur lebih awal. Jika setelah isya tidak ada lagi pekerjaan yang begitu penting, maka sebaiknya kita beristirahat untuk memaksimalkan ibadah kita di esok hari.

Diriwayatkan dari Abi Barzah “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568)

Selain itu, Rasulullah. Saw juga menganjurkan untuk tidur siang sekitar 30 menit sebelum dzuhur, hal ini bertujuan untuk memudahkan kita bangun pada waktu tahajjud. Tidur siang juga merupakan hal yang membedakan kita dengan setan.

  • Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadist:“Tidurlah qailulah (tidur siang) karena setan tidaklah mengambil tidur siang.” (HR Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb 1: 12; Akhbar Ashbahan, 1: 195, 353; 2: 69) 

Namun, bukan berarti orang yang tidak tidur siang adalah bagian dari golongan setan. Semua tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi. Mungkin, ada pekerjaan penting yang tidak bisa ditinggalkan, dan sebagainya.

  1. Lakukan Kegiatan Yang Tidak Monoton

Kegiatan yang monoton dapat menimbulkan rasa bosan dan mengundang rasa kantuk. Untuk itu, lakukan kegiatan sampingan yang bisa menghibur atau sekadar mengusir rasa kantuk.

Misalnya, ketika seorang santri mengantuk karena membaca Al-Quran, maka ia bisa mengambil alternatif melakukan kegiatan lain untuk sementara waktu.

Mungkin bisa menulis sesuatu selama 5-10 menit, kemudian melanjutkan aktivitasnya membaca Al-Quran, atau dengan kegiatan menarik lainnya.

  1. Tarik napas Dalam-Dalam

Jika 2 cara yang telah dianjurkan tadi masih belum mempan, kita bisa mencoba tips ke 3 ini.

Menarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh dan otak, sehingga kita bisa mengoptimalkan konsentrasi yang tadinya sempat buyar atau berantakan.

  1. Tidak Diam Di Tempat

Cobalah bergerak, berjalan sekitar 10-15 menit, naik turun tangga, atau kegiatan apa pun yang mendorong kita untuk terus bergerak. Karena dengan bergerak, kita bisa meminimalisir rasa kantuk yang menghampiri.

Ketika kita mengantuk saat membaca Al-Quran, mungkin kita bisa mencoba membaca Al-Quran sambil berdiri, berjalan keliling atau sekadar mondar-mandir. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa kantuk.

  1. Mengonsumsi Camilan Ringan

Mengonsumsi camilan yang menggabungkan protein dan lemak dapat membantu mengurangi rasa kantuk, seperti yoghurt dan kacang.

Karena makanan yang mengandung protein dapat meningkatkan energi dalam tubuh, sedangkan makanan yang mengandung lemak dapat membantu mempertahankan energi.

Namun, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan. Karena, terlalu banyak mengonsumsi camilan bahkan dapat mengundang rasa kantuk karena terlalu kenyang.

Tips ini bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan kegiatan atau pekerjaan kita. Misalnya, mengulang hafalan ditemani camilan-camilan ringan, setelah baca beberapa juz, istirahat sejenak memakan camilan yang kita siapkan tadi.

Dengan catatan, tetap harus menjaga adab terhadap Al-Quran. Jangan membaca Al-Quran sambil mengunyah. Jika ingin makan, tutup dan hentikan sejenak Al-Quran yang kita baca.

Dengan begitu, adab tetap bisa dijaga, kantuk pun dapat atasi.

  1. Banyak Minum Air Mineral

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. Karenanya, banyaklah meminum air putih atau makanan-makanan yang mengandung banyak cairan, seperti buah dan sayur-sayuran.

Mengantuk adalah sinyal yang ditujukan pada tubuh, pertanda bahwa tubuh kita perlu istirahat. Maka dari itu, gunakan sebaik mungkin waktu istirahat yang kita punya.

Karena, bukanlah adab yang baik jika kita mendzolimi tubuh dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Sehingga waktu istirahat yang tersisa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Nah, itulah 6 tips yang bisa kita terapkan saat merasa ngantuk. Kalau 6 tips itu pun tidak mempan, mungkin kita perlu berkonsultasi pada dokter ahlinya.

Semoga bermanfaat 🙂

Posted in Artikel and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.