Bersama Ustadz Muzammil Hasballah: Menghidupkan Hati dengan Al-Qur’an

“Iman itu sifatnya naik turun. Naik karena taqwa dan turun karena perbuatan dosa.” Begitu kata ustadz Muzammil dalam kajian rutin Maffadz pada 12 Februari 2022 kemarin.

Melalui via zoom, Founder Qari Community sekaligus CO-Founder Imam Muda Salman ini banyak sekali menyampaikan nasihat seputar tentang Al-Qur’an dan penghafalnya.

Beberapa kutipan yang penulis tangkap dari kajian tersebut adalah tentang tips mengulang hafalan yang paling baik. Beliau mengatakan, satu-satunya cara yang paling baik untuk mengulang hafalan adalah dengan cara membawa hafalan ke dalam shalat.

Selain memberikan nasihat dalam bentuk motivasi, beliau juga memberikan edukasi tambahan tentang pengetahuan ilmu Al-Qur’an, salah satu diantaranya adalah membahas tentang cara membedakan surah Makkiyah dengan surah Madaniyyah.

Ustadz Muzammil menjelaskan, ayat yang tergolong dalam Makkiyah adalah ayat-ayat yang turun sebelum hijrah. Biasanya ayat ini bertujuan untuk menumbuhkan keimanan, menguatkan hati dan tauhid.

Sedangkan ayat yang tergolong dalam Madaniyyah adalah ayat-ayat yang turun setelah hijrah. Biasanya ayat Madaniyyah terdapat pada ayat-ayat yang panjang, dan bertujuan untuk menjaga syariat.

Sebelum kajian ditutup, beliau berpesan untuk para penghafal Al-Qur’an, bahwa jangan sampai ketergantungan kepada satu mushaf, agar terbiasa menggunakan mushaf apapun ketika sedang berada di mana saja. (12/2/22)

Posted in Artikel and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.