Fakta Sains dalam Al-Quran #1: Inti Bumi 

Seiring berkembangnya zaman, semakin tidak terhitung penelitian yang membuktikan kebenaran Al-Quran. Banyak ilmuwan yang akhirnya masuk Islam karena penemuannya. Namun di samping itu, ternyata sedikit sekali muslim yang mengetahui kemukjizatan Al-Quran yang tidak pernah ketinggalan zaman ini.

Untuk itu, mari kita bahas satu per satu.

Kali ini kita akan mengulas fakta geologi atau geografi. Bumi yang memiliki diameter 7.926 mil memiliki struktur yang terdiri dari 7 lapisan. Bagian terluar adalah crust atau kerak bumi, sedangkan bagian terdalam atau inti bumi merupakan besi.

Fakta ini ditemukan dan dikemukakan pertama kali oleh seorang ilmuwan bernama Inge Lehmann pada tahun 1936. Namun siapa sangka, jauh sebelum ditemukan rumus maupun alat-alat canggih lainnya, fakta ini sudah termaktub dalam kitab yang diturunkan 14 abad silam.

Fakta ini tidak diungkapkan secara gamblang dalam suatu ayat melainkan merupakan hasil penelitian terhadap penyusunan angka-angka dalam Al-Quran yang ternyata saling berkaitan. Yang namanya inti pasti terletak di tengah. Al-Quran sendiri terdiri atas 114 surah. Untuk mengetahui surah yang terletak di tengah atau inti, maka jumlah surah kita bagi dua.

Didapatlah angka 57. Buka Quran dan kita dapati bahwa surah ke-57 dalam Al-Quran adalah surah Al-Hadid yang berarti besi. Sama seperti inti bumi yang baru terungkap pada tahun 1936.

Padahal pada saat diturunkan, Al-Quran belum disusun dengan penomoran seperti saat ini. Apakah mungkin Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam mengarang Al-Quran dan kebetulan Al-Hadid berada di urutan paling tengah? Tentu bukan.

Fakta ini membuktikan bahwa Al-Quran merupakan firman Allah, Pencipta Alam Semesta yang Maha Tahu. Dengan mengetahui fakta ini, semoga pembaca semakin semangat menuntut ilmu sains dan mengkaji Al-Quran untuk menguatkan keimanan. (7/2/2022) ***

Posted in Artikel and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.