Generasi Pembumi Kalam Ilahi: Muhadharah ke-5 Santri Maskanul Huffadz Pamijahan Bogor

MASKANULHUFFADZ.com – Santri Tahfidz Maskanul Huffadz cabang Pamijahan Bogor angkatan ke-5 menggelar muhadharah dengan tema ‘Generasi Pembumi Kalam Ilahi’ pada pekan kedua bulan Juli (16/07/22). Dari 14 orang santriwati, 10 diantaranya sudah selesai menyetorkan hafalan Al-Qur’annya 30 juz.

Maskanul Huffadz Pamijahan Bogor merupakan salah satu cabang dari Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz yang resmi dibuka untuk masyarakat umum (akhwat) dengan program non beasiswa/reguler sejak tahun 2019. Sebagaimana program Maskanul Huffadz di cabang-cabang yang lainnya, muhadharah ini dijadikan sebagai agenda rutin di setiap bulan.

Guna melatih santri dalam mengembangkan kreatifitasnya dalam berdakwah, biasanya santri akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk dapat berkontribusi secara bergiliran setiap bulannya, mulai dari panitia konsumsi, panitia dekorasi dan acara, dan juga peserta pidato.

Agar kegiatan tidak monoton dan membosankan, para santri menyelingi penampilan pidato dengan penampilan hiburan, seperti hadroh, nasyid, atau drama edukasi yang mereka buat dengan usaha latihan sendiri. Acara muhadharah ini tidak hanya bertujuan sebagai ajang kompetisi antar santri dalam berpidato, tapi juga sebagai relaksasi bagi santri dibalik padatnya jadwal menghafal.

Di akhir acara, para musyrifah menentukan pemenang lomba pidato dalam kegiatan muhadharah tersebut sekaligus mengumumkan penilaian santri terbaik dan kamar terbersih, sembari menyerahkan hadiah sebagai reward agar para santri lebih semangat lagi di bulan yang akan datang. Untuk muhadharah bulan ini, Juara 1 pidato dinobatkan kepada ananda Cinta Hidayatunnufus (19 th) asal Lombok, Meissy Angelina (19 th) asal Lombok sebagai juara kedua, dan Najwa Nursabilla (20 th) asal Riau sebagai juara ketiga.

“Selain menghafal, santri harus terus meningkatkan kreatifitas, mengembangkan bakatnya supaya potensi dan diri mereka terus terlatih dan berkembang”, begitu pesan yang disampaikan oleh Ustadzah Yustika, selaku kepala musyrifah Maskanul Huffadz cabang Pamijahan Bogor (21/07/22).

Posted in Kegiatan and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.