Mengembangkan Dakwah Lewat Bisnis, Menjadi Pengusaha yang Hafal Al-Qur’an, Kenapa Nggak?

MASKANULHUFFADZ.com – Memasuki masa pengabdian, santri Maffaz yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya 30 juz mulai mengembangkan minat dan bakatnya di bidang bisnis lewat Maskanul Huffadz Store.

Rabu pagi, 20 Juli 2022 pukul 09:15 WIB, salah satu dari tim media Maskanul Huffadz sempat mengunjungi toko Maffaz Store yang jaraknya tidak jauh dari asrama santri putri. Terlihat raut bahagia dari wajah para ustadzah yang sedang sibuk dengan amanahnya masing-masing.

Bagaimana tidak? Maskanul Huffadz memang membuka peluang lebar bagi santri-santri pengabdian untuk memilih amanah sesuai dengan kemampuan dan keinginan dari diri mereka masing-masing. Ada yang diamanahkan sebagai guru untuk kembali mengajarkan ilmunya, ada yang memilih berdakwah di balik layar lewat kemampuan visual dan keahliannya dalam mengolah kata, ada juga yang tertarik mengelola administrasi keuangan sehingga diamanahkan di tempat yang sesuai.

Maskanul Huffadz Store yang didirikan sejak tahun 2018 ini awalnya hanya diadakan untuk membantu memenuhi kebutuhan santri sehari-hari. Mengingat jadwal santri untuk keluar sangat terbatas, maka dibentuklah koperasi kecil yang dikenal oleh santri Maffaz dengan sebutan DANUS (Dana Usaha).

Seiring berjalannya waktu, Maskanul Huffadz semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Berhubung karena banyaknya peminat, Maskanul Huffadz berkolaborasi dengan beberapa pengusaha untuk mendistribusikan produknya melalui brand Maskanul Huffadz. Beberapa di antaranya selain kebutuhan para santri adalah, gamis, jubah, mukena, bantal leher, dan juga speaker Qur’an.

Melalui akun Instagram @maskanulhuffadz.store, masyarakat bisa melihat banyak produk Maskanul Huffadz terpajang di sana. Dan menariknya, Maffaz Store ini dikelola langsung oleh santri Maskanul Huffadz, mulai dari model gamis, menjahit label, fotografer produk, hingga mendesain poster produk, yang mana seluruh hasil keuntungan dari penjualan produk tersebut akan kembali digunakan untuk mengembangkan dakwah Al-Qur’an.

Selain itu, dengan hadirnya Maffaz Store ini para santri yang menyukai seni keterampilan tangan dapat ikut berkontribusi menyumbangkan karya mereka, seperti bingkai ucapan 3D, gros jilbab, dan yang lainnya. Meskipun begitu, sebagai santri penghafal Al-Qur’an mereka tidak lupa menjaga amanahnya untuk terus mengulang Al-Qur’an yang mereka hafal di sela waktu sibuknya (20/7/22).

Posted in Artikel and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.