Menjelang Wisuda, Maskanul Huffadz Pusat Dan Maskanul Huffadz Cabang Cijeruk Bogor menyelenggarakan Acara Pembukaan Parade Tasmi’ Di Waktu Yang Sama

Pagi tadi tepat pukul 07:30, Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz Pusat Bintaro menggelar acara pembukaan parade tasmi’. Kegiatan ini menjadi program tetap yang diselenggarakan di setiap tahun.

43 santri Maskanul Huffadz Pusat Bintaro siap mentasmi’kan hafalan Al-Qur’annya. Salah satu diantaranya, ada Maelun Nurul Hikmah yang akan mentasmi’kan 27 juz hafalannya dalam sekali duduk.

Kegiatan parade tasmi’ ini berlangsung selama 6 hari, mulai dari 6 Desember-11 Desember 2021. Parade tasmi’ ini bertujuan untuk mengingatkan para santri tentang hakikat Al-Qur’an yang tidak mudah untuk diingat dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga dengan adanya program ini, Al-Qur’an yang sudah dihafal dapat lebih dikuatkan lagi, mengingat waktu diluar status santri tidak menjamin hubungan antara penghafal dan yang dihafal.

Adapun yang menjadi penilaian dalam ajang tasmi’ ini tergolong dalam 4 kategori penilaian. Mulai dari batas waktu yang telah ditetapkan, kesalahan-kesalahan pembaca yang terdapat disetiap juznya, kebenaran dan ketepatan pelafalan tajwid, dan juga kelancaran hafalan santri.

Dalam waktu yang bersamaan, Maskanul Huffadz Cabang Cijeruk Bogor juga menyelenggarakan pembukaan parade tasmi’. Namun, dengan waktu yang lebih singkat dari Maskanul Huffadz Pusat Bintaro, yakni hanya berlangsung 3 hari saja.

Di Maskanul Huffadz Cabang Cijeruk Bogor, ada sekitar 17 santri yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan parade tasmi’ ini. Salah satu diantaranya ada Shafira Anisa Nur Hidayati yang siap mentasmi’kan hafalan Al-Qur’annya sebanyak 15 juz dalam sekali duduk.

Parade tasmi’ ini merupakan program wajib yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh santri dan para ustadzah. Karena puncak dari sebuah pembelajaran adalah hasil akhir dan pengamalannya.

Lembaga berharap agar kiranya santri memiliki bekal pegangan hafalan Al-Qur’an selepas mereka diwisuda [6/12/21].

Posted in Kegiatan and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.