Nggak Perlu Lihat Daftar Isi, Ini Rumus Mudah Mengetahui Halaman Juz Al-Quran

Pernah iri ngga sih sama orang yang cepet banget kalo disuruh cari surat atau juz tertentu dalam Quran? Bukan Quran yang udah ada bantuan nomor juznya, ya, tapi Quran yang polos.

Wajib iri sih, menurut penulis, karena orang seperti itu sudah sangat mengenal tata letak Al-Quran. Bukankah itu bukti bahwa mereka sering membaca? Bagaimana dengan kita?

Balik lagi, kita wajib iri. Di dalam hadits dikatakan bahwa kita hanya diperbolehkan iri kepada dua: orang yang gemar membaca Al-Quran dan orang yang gemar bersedekah. Maksud iri di sini adalah ingin merasakan kenikmatan yang sama tanpa ada keinginan agar nikmat tersebut dicabut dari orang lain.

Nah, sembari berusaha konsisten membaca Al-Quran, ada rumus mudah untuk membantu kamu mengetahui halaman pertama tiap-tiap juz. Mengutip dari Kitab Lathaif Al-Quran wal Arabiyah, berikut prosedurnya:

  1. Sebut juz yang ingin dicari
  2. Kurangi 1
  3. Kalikan 2
  4. Tambahkan atau jejerkan dengan angka dua atau tiga

Catatan: Ini hanya berlaku pada Mushaf Utsmani yang halamannya terdiri dari 15 baris

Misalnya kita ingin mencari juz 9, dikurangi satu jadi 8, dikalikan dua jadi 16. Nah, hasilnya harus dijejerkan dengan angka 2 atau 3 untuk mendapatkan nomor halamannya. Sehingga, juz 9 pada Mushaf Utsmani terdapat dalam Al-Quran halaman 162 atau 163.

Bahasa matematikanya gini:

Jika x adalah nomor halaman juz n, maka

x = 20(n-1)+2 atau x + 20(n-1)+3

Coba deh cari halaman juz 9 pake rumus itu. Apakah hasilnya sama? Menurutmu, mana yang lebih mudah?

Posted in Artikel and tagged , , , , .

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.