penutupan parade tasmi'

Penutupan Tasmi’ Maskanul Huffadz Dimeriahkan dengan Acara Bertukar Kado Antar Santri dan Musyrifah

Bersyukur lewat murajaah, berjihad lewat istiqomah. Menghafal sekali, murajaah sampai mati. -Maskanul Huffadz

Setelah satu pekan para santri Maskanul Huffadz pusat mentasmi’kan hafalannya, kegiatan pun diakhiri dengan acara penutupan pada 11 Desember 2021 pukul 19.30 kemarin.

Dalam acara tersebut, mereka saling bertukar cerita suka dan duka selama 1 tahun ini. Beberapa santri diminta untuk memberikan kesan dan pesannya selama belajar di Maskanul Huffadz. Begitu pun para musyrifah, diminta untuk memberikan kesan dan pesannya selama mengajar dan mengabdikan dirinya dalam perjuangan dakwah Al-Qur’an.

Acara penutupan diisi dengan kegiatan muhasabah. Aula gedung Maryam yang saat itu dijadikan sebagai tempat lokasi acara penutupan tasmi’, seketika pecah dengan isak tangis para santri dan ustadzah. Mengingat perjuangan mereka dalam menghafal Al-Qur’an, mengenang kebersamaan selama 1 tahun, sekaligus menolak lupa atas ukhuwah yang sudah terjalin selama ini.

Selain itu, penutupan tasmi’ itu pun dimeriahkan pula dengan acara bertukar kado, yang biasa dikenal dengan sebutan yaumul hibbah di kalangan para santri.

Tampak jelas sekali wajah-wajah bahagia mereka yang menunjukkan ekspresi rasa lega karena sudah selesai mentasmi’kan hafalannya. Namun, di balik itu terselip  juga raut wajah sedih yang tetap saja tidak bisa ditutupi, karena mereka tahu bahwa tidak lama lagi mereka akan berpisah.

Para santri yang sudah menyelesaikan program belajarnya selama 1 tahun di Maskanul Huffadz, mereka akan disebar ke seluruh daerah untuk melanjutkan perjuangan dakwah Al-Qur’an. Mengemban amanah, mengabdikan dirinya untuk kemaslahatan umat, dengan misi mencetak lebih banyak lagi generasi-generasi penghafal Al-Qur’an.

Semuanya saling peluk, acara pun ditutup dengan bermaaf-maafan antara satu sama lain. Instrumen musik tentang ukhuwah yang dijadikan sebagai backsound pun menambah haru suasana di malam itu (11/12/21).

Posted in Kegiatan and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.