Temukan Alasan: Mengapa Kita Harus Shalat Jumat?

Shalat Jumat bukan solusi yang tepat agar wajah terlihat tampan ya, melainkan ada alasan khusus mengapa kita diperintahkan untuk istiqomah melaksanakannya di setiap pekan.

Sahabat Maffadz, tentu sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita menaati apa yang Allah perintahkan, bukan?

Menjadi muslim yang taat memang baik. Namun, bukankah lebih baik, jika kita bisa menjadi sosok muslim yang taat sekaligus cerdas? Nah, untuk menjadi sosok tersebut, penting kiranya kita mencari tau tentang agama yang kita yakini saat ini (Islam).

(“Saya bukan tamatan dari pesantren, Saya bukan muslim yang ‘alim-‘alim banget, Saya bukan berasal dari keluarga yang religious, dsb. . .”)

Alasan-alasan inilah yang menghambat kemajuan umat Islam menuju peradaban dunia. Padahal, perintah ini jelas disebutkan dalam sebuah hadist:

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913).

Sahabat Maffadz sudah tau belum, nih? Alasan, mengapa kita harus melaksanakan shalat Jumat? Kenapa shalat Jumat hanya diwajibkan bagi kaum Adam? Dan kenapa harus di hari Jumat? (Nah, cari tau alasannya di sini.)

Baiklah, kita bahas secara singkat ya. . .

Ada 3 alasan kuat, mengapa kita harus melaksanakan shalat Jumat di setiap pekan, yaitu:

  1. Perintah mutlak dari Allah. Swt

Sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Jumu’ah ayat 9:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Perintah ini pun diperkuat lagi dengan sabda Rasulullah Saw:

“Shalat Jumat adalah hak yang wajib atas setiap Muslim dengan berjamaah, kecuali bagi empat golongan, yaitu: (1) Hamba Sahaya; (2) Wanita; (3) Anak kecil; (4) Orang sakit.” (HR. Abu Dawud)

(Hadist ini juga yang dijadikan sebagai salah satu dalil dari alasan mengapa shalat Jumat hanya dihadiri oleh jama’ah laki-laki saja.)

Sahabat Maffadz, bagi wanita tidak dianjurkan untuk melaksanakan sholat Jumat ya, karena dikhawatirkan akan menimbulkan fitnah antara laki-laki dan perempuan yang berkumpul di satu tempat yang sama.

  1. Hari raya bagi umat Islam

Kata Jumat sendiri diambil dari kata ijtima’ yang artinya berkumpul, di hari inilah umat muslim (Laki-laki) berkumpul untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat berjamaah.

Hari Jumat merupakan hari yang mulia di dalam Islam. Rasulullah Saw menganggapnya sebagai hari raya umat muslim, selain hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, beliau bersabda dalam shahih Muslim: “Sebaik-baik matahari terbit adalah pada hari Jumat. Yaitu hari dimana Nabi Adam diciptakan, hari dimana kita dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari neraka.”

Kenapa di hari Jumat? Jawabannya adalah, karena Rasulullah ingin menyelisihi hari raya kaum kuffar (Yahudi) yang berkumpul pada hari Sabtu dan kaum kuffar (Nasrani) yang berkumpul pada hari Minggu.

Nah, seharusnya kita malu nih, kalau sampai tidak bisa meluangkan waktu kita sejenak di hari Jumat, berkumpul bersama muslim lainnya untuk melaksanakan ibadah berjamaah.

Semoga sahabat Maffadz bisa istiqomah melaksanakan ibadah Jumat ya, Aamiin.

  1. Hari yang baik

Kenapa Jumat dikatakan sebagai hari terbaik?

Dalam hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Sebaik-baik matahari terbit adalah pada hari Jumat. Yaitu hari di mana Nabi Adam diciptakan, hari di mana kita dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari neraka.”

Selain itu, ada banyak amalan Sunnah beserta adabnya yang perlu kita perhatikan di hari Jumat. Seperti:

  • Mandi sebelum shalat Jumat
  • Mengenakan pakaian terbaik
  • Memakai wewangian
  • Memperbanyak tilawah Al-Qur’an
  • Memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad Saw
  • Bersedekah
  • Bersiwak
  • Berdoa di waktu mustajab (Sebagian ulama berpendapat, waktu tersebut terdapat pada setelah ashar, 1 jam menjelang maghrib di akhir hari Jumat)
  • Dan masih banyak amalan lainnya.

Sahabat Maffadz, itulah 3 dari beberapa alasan mengapa kita sangat dianjurkan untuk melaksanakan shalat Jumat, terkhusus untuk laki-laki muslim yang berakal.

Mengingat kita sebagai makhluk-Nya yang lemah, tentu khutbah yang disampaikan oleh Khatib sangat membantu kita dalam mempertahankan iman yang mungkin sempat goyah dan tidak stabil karena kecintaan kita terhadap dunia.

Di hari yang berkah itu pula, Allah memberi kesempatan bagi kita untuk saling berkumpul dan saling menasehati antara satu sama lain, yang mana akan meningkatkan kualitas diri kita dalam menjalin ukhuwah Islamiyah.

.

Sahabat Maffadz jangan sungkan dalam berdakwah ya, sebar luaskan tulisan ini, agar yang lain juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Posted in Artikel and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.