Sejak Akad Nikah Sampai Acara Aqiqah Anak Pertama Ryan dan Ricis, Maskanul Huffadz Selalu Diikutsertakan

MASKANULHUFFADZ.com – Ria Yunita seorang youtuber yang merupakan adik ustadzah Oki atau biasa dikenal dengan sebutan Ricis menggelar acara syukuran sekaligus aqiqah anak pertamanya dengan sang suami Teuku Ryan, pada Jum’at siang (5/8/22).

Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa kabar gembira kembali terdengar dari adik ustadzah Oki dan suami atas lahirnya anak pertama mereka pada hari Selasa, 26 Juli 2022 yang lalu. Mulai dari khitbah, akad nikah, 7 bulanan, hingga acara aqiqah Maskanul Huffadz selalu diikutsertakan. Bukan sekadar hadir untuk mengisi pengajian, para santri juga diminta untuk menampilkan hadroh dengan iringan sholawat.

Dengan dekorasi bernuansa laut dan outfit seragam berwarna serba pink terlihat keluarga besar sedang berkumpul bahagia, ada ustadzah Oki yang baru saja pulang dari Mesir dan juga keluarga Teuku Ryan dari Aceh yang sudah datang sejak Ricis lahiran.

Dalam sambutannya, Teuku Ryan mengucapkan rasa syukur kepada Allah sekaligus berterimakasih kepada nyanyak yang merupakan ibu kandungnya dan juga kepada ibu Ria Ricis yang merupakan ibu mertuanya karena telah melahirkan dirinya dan Ricis sehingga akhirnya mereka dipertemukan sebagai jodoh dan melahirkan putri yang cantik shalihah.

Pada kesempatan tersebut, pasangan suami istri itu mengumumkan nama lengkap dan menunjukkan wajah sang buah hati yang sering mereka sebut dengan panggilan Baby R.

Selain memiliki nama yang unik, ternyata arti dari nama CUT RAIFA ARAMOANA juga tidak kalah menarik. Cut merupakan nama khas asal Aceh, sedangkan Raifa memiliki arti kebaikan dan kebijaksanaan, adapun Aramoana diambil dari bahasa Polinesia yang bermakna jalan kecil menuju lautan, yang terinspirasi dari sang ibu yang sangat menyukai laut dan pantai.

Setelah mengumumkan nama lengkap dan menunjukkan wajah bayi, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dari santri Maskanul Huffadz Ikhwan yang dipimpin oleh Ardhoni. Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah singkat dari ustadzah Lulung dan ustadz Syam. Dalam tausiyahnya, ustadzah lulung mendoakan baby Moana dan memberi wejangan untuk Ria Ricis sebagai seorang istri.

Sedangkan ustadz Syam memberikan nasihat untuk pasangan muda itu sebagai orangtua. Beliau menjelaskan makna dari QS. Al-Maidah: 32 bahwa siapa yang menghilangkan satu nyawa, maka seakan-akan ia telah membunuh semua manusia. Ustadz Syam mengatakan bahwa maksud dari ayat itu ialah, jika orang tua merusak pendidikan anaknya, maka ia seakan-akan merusak seluruh dunia. Kapan kita salah didik, berarti kita sedang merusak dunia, kapan kita merusak akhlak anak kita, disaat itulah kita sedang merusak dunia.

Selain itu, berhubung nama putri Ria Ricis dan Teuku Ryan memiliki arti laut, ustadz Syam menghubungkannya dengan surah Al-kahfi ayat 109 yang artinya, “Katakanlah, ‘Kalau sekiranya laut menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku maka sungguh habislah laut itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu pula.’”

Beliau berpesan kepada Ria Ricis selaku ibu dari baby Moana, “Pandanglah Moana sebagai nikmat Allah yang tidak ada habisnya.” Setelah itu, ustadz Syam meminta Teuku Ryan selaku ayah untuk mengikuti kalimat beliau dengan bahasa Arab yang artinya, “Saya memberikan nama sebagaimana Allah memberimu nama Cut Raifa Aramoana”. Ustadz Syam juga berdo’a, semoga kelak Moana menjadi anak yang shalihah yang dapat membawa kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh ustadz Farhan yang merupakan salah satu musyrif Maskanul Huffadz, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan rambut dan memberikan makanan manis pertama untuk dicicipi oleh Baby Moana (5/8/22).

Posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.